Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Sabtu, 10 September 2016

Pastikan Aman, Bupati Indartato Sidak Pasar Hewan

| Sabtu, 10 September 2016
Wartapacitan.com | PACITAN - Memasuki H minus 2 hari raya idul adha 1437 H/2016, Bupati Indartato melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar hewan Pacitan, Sabtu (10/9). Dipasar ternak terbesar itu Bupati bersama jajaran dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pacitan Pacitan memantau ketercukupan kebutuhan ternak kurban.

"Bukan hanya memastikan kebutuhan hewan kurban cukup, kita juga ingin ternak-ternak kita sehat dan aman dari penyakit berbahaya," Ujar Bupati.

Menurut Bupati, memasuki hari raya idul adha kebutuhan ternak kurban di Pacitan mencapai kurang lebih 85 ribu ternak. Dari jumlah itu hampir semuanya tercukupi dari ternak lokal. Kalaupun ada yang diambilkan dari luar jumlahnya tidak seberapa. Justru, banyak ternak Pacitan yang dijual ke luar dengan kota tujuan Jakarta dan sekitarnya serta surabaya dan sekitarnya.

Guna mengantisipasi kemungkinan adanya penyakit pada ternak, Bupati Indartato minta lalu lintas ternak benar benar diawasi. Pos kesehatan harus memantau kesehatan hewan terutama yang dibawa dari wilayah rawan. Jika perlu katanya, ada koordinasi lintas wilayah.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pacitan Pamuji mengatakan, upaya pencegahan terhadap kemungkinan penyakit berbahaya pada hewan terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan pemantauan ternak masyarakat. Termasuk, membatasi dan mengawasi jalur distribusi ternak dari daerah rawan. Demikian pula dengan tindakan preventif melakukan vaksinasi masal terhadap ternak lokal. 

"Khusus untuk hari H idul adha kita akan terjunkan tim pemantau penyembelihan sebagai antisipasi jika ditemukan daging kurban yang mencurigakan," Katanya seperti dikutip dari laman pacitankab.go.id.

Seperti diketahui, jelang hari raya Idul Adha, distribusi ternak ke luar kota meningkat drastis. Jika sebelumnya setiap pasaran hanya berkisar puluhan, saat ini mencapi seribuan ternak. Dari jumlah tersebut hampir 60 persen dikirim menuju wilayah Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan sisanya ke Surabaya dan daerah-daerah lain.(Riz/rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar