Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Kamis, 30 Juni 2016

Tak Laik Jalan, Bus Dikandangkan Ke Garasi

| Kamis, 30 Juni 2016
Wartapacitan.com | PACITAN – Dishubkominfo Pacitan getol melakukan sweeping kendaraan tidak laik jalan yang masih beroperasi di jalan raya. Dari hasil uji fisik bus di Terminal Pacitan, petugas menjaring sejumlah bus yang tidak memenuhi standar spesifikasi kendaraan angkutan Lebaran. Jika tidak memenuhi standar, dipastikan kembali lagi ke garasi.

Suyono Kasi KIR Dishubkominfo Pacitan mengatakan bus yang kena semprit ketahuan kondisinya tidak layak. Antara lain, kaca depan pecah, menggunakan ban vulkanisir dan tidak dilengkapi hand rem. Untuk kendaaraan yang belum menjalani proses uji akan diperiksa dan diperingatkan untuk segera melaksanakan uji. Sedangkan untuk kendaraan yang tidak layak jalan, pemilik kendaraan wajib memperbaiki. 


Bagi kendaraan yang tidak lulus uji kelaikan, lanjutnya, Dishubkominfo mengharuskan diperbaiki agar sebelum memasuki H-7 hari Raya Idul Fitri semua kendaraan sudah bisa diturunkan untuk angkutan Lebaran. Aspek yang dipertimbangkan dalam uji fisik tersebut di antaranya kondisi ban. Untuk ban depan harus orisinil namun ban belakang vulkanisir masih diperbolehkan. Sedangkan aspek lain yaitu kaca depan, lampu jauh lampu dekat, lampu sign, rem dan surat-surat harus lengkap.

Sementara itu, Kabid Manajemen Lalu Lintas dan Angkutan, Agus Haryanto mengungkapkan, pihaknya terpaksa mengandangkan sejumlah bus yang tak lulus uji fisik tersebut untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus menjamin keselamatan para penumpang. 


Aksi uji fisik dadakan tersebut, lanjutnya, sekaligus untuk mempersiapkan transportasi umum yang layak sebagai angkutan Lebaran. Apalagi, pada musim mudik tahun ini diprediksi ada lonjakan penumpang hingga 5 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu. Agus memastikan ada pemeriksaan secara berkala agar bus yang digunakan sebagai angkutan Lebaran atau wisata tersebut layak jalan. (her/yup/rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar