Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Senin, 01 Agustus 2016

Dewan Soroti Tambang Bodong yang Nekat Beroperasi

| Senin, 01 Agustus 2016
Wartapacitan.com | NAWANGAN – Pengusaha tambang galian yang berlokasi di Desa Gondang, Kecamatan Nawangan terbilang nekat. Meskipun belum mengantongi izin, aktivitas penambangan di pinggir Jalan Raya Arjosari-Purwantoro tersebut terus dilakukan. Satu unit backhoe terlihat mengeruk tanah di perbukitan setinggi 15 meter tersebut. Demikian pula sejumlah truk pengangkut tanah uruk tersebut masih hilir mudik di lokasi penambangan.

Kasi Jalan UPT Bina Marga Jatim wilayah Pacitan, Budihari Santoso memastikan pengerukan tanah tersebut tak mengantongi izin. Mengingat dalam dua tahun terakhir pihaknya tidak pernah mengeluarkan rekomendasi atas kegiatan penambangan di pinggir jalur provinsi tersebut. 

Dia menegaskan, sejak kejadian tebing pertambangan tanah uruk di pinggir Jalan Raya Pacitan-Ponorogo tepatnya masuk Dusun Dagen, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo longsor tahun lalu tidak lagi izin yang keluar. Bahkan pihaknya sudah mengeluarkan rekomendasi agar penambangan yang masih ada dihentikan. 

Seperti dilansir dari radarmadiun co.id, Anggota komisi IV DPRD Pacitan Lancur Susanto membenarkan jika aktivitas penambangan di Desa Gondang, Kecamatan Nawangan itu sudah berjalan sejak sepekan terakhir. Karena lokasinya yang berada di pinggir jalur provinsi, penambangan tersebut mengganggu lalu lintas. 

Menurut dia, dampak penambangan juga membuat saluran air tersumbat. Sehingga ketika hujan turun, airnya meluber hingga ke jalan. Akibatnya kondisi jalan menjadi licin karena air bercampur dengan material tambang berupa tanah uruk.  (her/yup/rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar