Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Selasa, 02 Agustus 2016

Anggaran Kurang, Tidak Semua Jembatan Gantung Diperbaiki

| Selasa, 02 Agustus 2016
Wartapacitan.com | PACITAN – Sejumlah jembatan gantung penghubung antar desa yang melintang di atas sungai Grindulu kondisinya memprihatinkan. Karena menjadi akses utama warga menuju Jalan Raya Pacitan-Ponorogo jembatan-jembatan tersebut perlu segera dibenahi. 

Menanggapi hal tersebut, Suparlan Kabid Bina Marga dan Pengairan Pacitan mengatakan tahun depan akan diprioritaskan. Tapi hanya sekadar perbaikan lantai jembatan saja. Karena kayu-kayu lantai jembatan itu sudah banyak yang lapuk.

Tahun ini, tandas Suparlan hanya sembilan jembatan saja yang terkover APBD. Anggaran yang tersedot untuk perbaikan jembatan tersebut mencapai Rp 15 miliar. Dari jumlah itu, pekerjaan lanjutan jembatan Dembo menyedot anggaran paling besar yakni Rp 8,09 miliar.

[Baca Juga : Ini Poin Penting Raperda APBD Perubahan 2016]

Diakui, pembangunan jembatan Dembo sudah cukup banyak menghabiskan anggaran. Pekerjaan fisik jembatan sepanjang 300 meter tersebut sudah dimulai sejak 2014 silam dengan menyedot anggaran Rp 2,52 miliar. Rinciannya Rp 690 juta untuk pembangunan pilar jembatan dan Rp 1,83 miliar untuk pengerjaan oprit dan fondasi tiang jembatan bangunan atas dengan menggunakan balok girder.

Menurut Suparlan, anggaran yang dialokasikan tahun ini akan digunakan untuk pemasangan rangka baja untuk bentang atas jembatan berukuran 6×25 meter. Selain itu, panjang dan lebar jembatan juga dimungkinkan akan ditambah untuk mengakomodir beberapa kendaraan, khususnya roda empat agar bisa melintas. Dari mulanya, lebar sekitar 1,5 meter dilebarkan menjadi 3,5 meter dengan panjang jembatan sekitar 300 meter. 

Terpisah, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengatakan pembangunan sembilan jembatan tersebut merupakan komitmen pemkab menyediakan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat. Hal itu sesuai dengan misi pemerintah untuk memperbaiki perekonomian daerah. (her/yup/rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar