Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Jumat, 26 Agustus 2016

Anak Penyu Dilepas Kembali Ke Habitatnya

| Jumat, 26 Agustus 2016
Wartapacitan.com | NGADIROJO - Sebagai daerah dengan kawasan pantai luas, Kabupaten Pacitan bukan hanya menarik untuk kunjungan wisata. Namun juga cocok untuk lokasi perlindungan biota laut. Seperti, di Pantai Taman, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai dengan ombak cukup landai itu menjadi habitat bagi kawanan penyu Ungu.

Tak kurang dari puluhan bahkan ratusan binatang amfibi itu sepanjang april hingga agustus singgah di pantai Taman untuk bertelur. Awalnya, kehadiran para penyu itu justru dimanfaatkan masyarakat sekitar dengan menangkap dan memakan dagingnya. Tidak hanya itu telur-telurnya pun juga diambil. Jika dibiarkan maka sangat mungkin hewan dilindungi itu punah.

Baca Juga :

Sadar akan hal tersebut beberapa warga bertekat melakukan upaya penyelamatan. Mereka bergabung dalam wadah Kelompok Masyarakat Konservasi Penyu untuk Wisata yang tujuanya untuk melindungi dan mengembangbiakan salah satu hewan purba itu. Salah satunya dengan melakukan penangkaran yang dimulai sejak akhir 2012 lalu. Dari lebih dari 500 butir telur penyu yang yang sudah ditangkar sebagian telah menetas. 

Hari ini, Jum'at (26/8/2016), Bupati Pacitan Indartato, saat mencanangkan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia di Pantai Taman, Kecamatan Ngadirojo, melepas anak-anak penyu itu ke laut. Harapannya, tukik-tukik tersebut segera tumbuh dewasa menjadi generasi baru bagi penyu-penyu ungu tersebut. Bupati minta masyarakat turut menjaga dan melestarikan serta tidak menangkap apalagi membunuhnya.

"Lingkungan sebagai tempat tinggal manusia dan makhluk hidup lain dapat dimanfaatkan baik langsung maupun tidak. Ini sesuai prinsip kemanfaatan bagi manusia. Hanya saja, dalam banyak hal penggunaan sumber daya alam sering berdampak kerusakan lingkungan," kata Bupati Indartato.

Dalam kesempatan sama Kepala Kantor Lingkungan Hidup Andi Faliandra mengatakan persoalan lingkungan harus dihadapi bersama. Keterlibatan semua unsur sangat diperlukan guna mengentaskan masalah yang ke depan dipastikan makin besar. Masyarakat, lanjut Andi,  berada pada posisi strategis. Ini karena keberadannya berpeluang menjadi potensi masalah dan pada pihak lain menjadi solusi.
Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Pantai Taman, Ngadirojo/Foto : Djoko Putro Utomo
Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Kabupaten Pacitan diharapkan berperan mendidik masyarakat cinta dan peduli lingkungan. Kegiatan ini juga merupakan upaya melindungi dan mengelola lingkungan hidup melibatkan masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah. 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kabupaten Pacitan diwarnai sejumlah kegiatan. Selain pelepas liaran anak penyu, juga ada aksi pungut sampah dan penanaman pohon di garis sabuk hijau Pantai Taman, Kecamatan Ngadirojo.(rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar