Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Jumat, 08 Juli 2016

Lebaran, Arpac Gelar Kopdar di Kampung Halaman

| Jumat, 08 Juli 2016
Wartapacitan.com | PACITAN – Ribuan anggota Komunitas yang menyebut diri Arpac (Anak Rantau Pacitan) memadati Alun-Alun Pacitan, Jum'at (8/7/2016). Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Disinilah warga Arpac se-nusantara berkumpul berbaur jadi satu.

Tampak Bupati Pacitan Indartato dan Wakil Bupati Yudi sumbogo bersama istri menghadiri kegiatan halal bihalal Arpac. Organisasi komunitas yang diketua Wawan Suranto ini meski baru berusia seumur jagung, anggotanya sudah tersebar di berbagai daerah dan memiliki 3000 anggota.

"Saat ini Arpac mempunyai 20 DPW, di antaranya berada di wilayah  Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Surabaya, Dumai, Pekanbaru. Di sosial media khususnya FB bahkan sudah mencapai 11.000 anggota sedangkan yang aktif sekitar 3000 anggota," kata Sekretaris Arpac, Agung Wahono.

Organisasi ini, katanya, berdiri dengan latar  belakang kesamaan asal daerah Pacitan yang pada saat ini berada di perantauan.
Halal Bihalal Komunitas Arpac di Alun-Alun Pacitan
"Ide ini awalnya terbentuk dari forum jejaring sosial Facebook pada 2012. Arpac Nusantara mengusung visi dan misi yang bertujuan untuk mempererat jalinan persaudaraan, bersosial, dan bermasyarakat dengan mengajak seluruh komponen dan dari latar belakang apa pun," katanya.

"Ikatan ini mengusung semboyan "nyambung jiwo ngeraketake paseduluran", berarti menyambungkan jiwa dari tiap individu dan mempererat jalinan persaudaraan," katanya.

Agung menambahkan, sudah banyak kegiatan positif yang  dilakukan Arpac, antara lain melakukan donor darah, membantu warga Pacitan yang kurang mampu, membantu pembangunan mushola, dan lainnya.

[Baca Juga : Wabup Kunjungi Komunitas Anak Rantau Pacitan]

Kegiatan bakti sosial biasanya dilaksanakan dua bulan sekali dan di bagi menjadi lima titik lokasi yang berbeda, jelasnya.

"Semua pembiayaan kegiatan tersebut berasal dari iuran sukarela anggota," katanya. (rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar