Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Jumat, 22 Juli 2016

Hebat, Pacitan Kembali Raih Penghargaan Adipura

| Jumat, 22 Juli 2016
Wartapacitan.com | PACITAN - Kabupaten Pacitan kembali menorehkan prestasi ditingkat nasional dengan penghargaan Piala Adipura.  Di tahun 2016 ini, Pacitan kembali meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil, yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Penyerahan anugerah tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya saat acara puncak Adipura di Istana Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, (22/7/2016).

Tahun ini penghargaan Adipura direformulasi dengan strategi Rebranding Adipura. Salah satu proses penilaian yang harus dilalui oleh para bupati/walikota nominator penerima Adipura adalah presentasi dan wawancara di depan Dewan Pertimbangan Adipura, praktisi pengelolaan sampah dan bidang pemasaran, pejabat KLHK, akademisi perguruan tinggi, LSM, serta rekan-rekan media massa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas Anugerah Adipura.

[Baca Juga : Tak Masuk Kriteria Terpencil, Guru di Pacitan Urung Dapat Bantuan Operasional]

"Pada dasarnya tahun ini dilakukan reformulasi yang didasari perkembangan praktik kepemimpinan, interaksi sosial dan bukti-bukti lapangan. Dengan bimbingan Dewan Pertimbangan Adipura khususnya Bapak Hermawan Kertajaya yang mempunyai ahli marketing tingkat internasional, Penghargaan Adipura diformulasikan menjadi Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Paripurna dan Adipura Bhakti", kata Siti Nurbaya seperti dikutip dari laman website resmi Kementrian LHK.

Lebih lanjut Menteri LHK menegaskan bahwa strategi Rebranding Adipura ini adalah upaya untuk melakukan sistematika ulang Penghargaan Adipura agar mudah dipahami oleh masyarakat. Isu lingkungan semakin berat sehingga harus diiringi dengan peningkatan tata pemerintahan yang berorientasi lingkungan. 

Kemudian disusun sistematika ulang dengan fokus tertentu, misalnya orientasi sosial dan pemberdayaan masyarakat untuk Adipura Buana dan Adipura Kirana yang bersifat visualisasi. Pada dasarnya, environmental governance adalah bagaimana pengelolaan lingkungan hidup dapat dipahami dan diketahui oleh masyarakat. 

Selanjutnya Siti Nurbaya menyimpulkan bahwa dengan proses yang sistematis dan ukuran-ukuran yang jelas akan meningkatkan reputasi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah di mata rakyat. (rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar