Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Senin, 13 Juni 2016

Pinjam Rp 2,2 Triliun Untuk Teruskan Pembangunan Jalur Lintas Selatan

| Senin, 13 Juni 2016
Wartapacitan.com | SURABAYA - Pembangunan jalur lintas selatan (JLS) masih belum rampung. Rencananya, pemerintah akan mendapatkan kucuran pinjaman dari Islamic Development Bank (IDB) senilai sekitar Rp 2,2 triliun, untuk pembangunan JLS yang daerah seperi Blitar, Lumajang.

"IDB akan memberikan pinjaman lunak ke pemerintah pusat untuk mendanai proyek JLS. Ini masih dibicarakan, masih belum ada keputusan," kata Soekarwo seperti dilansir detik.

Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo ini menerangkan, jalan JLS yang sudah terbangun yakni di Kabupaten Pacitan dan Malang dengan memiliki lebar sekitar 9-12 meter.

[Baca Juga : Pembangunan JLS Jember agak Tertinggal]

Rencananya ada 20 pembangunan proyek jalan JLS yang melintasi ddari Kabupaten Pacitan hingga daerah di ujung Pulau Jawa, Kabupaten Banyuwangi sepanjang sekitar 673,872 kilometer (KM).

Dengan perincian lebar jalan 9-12 meter, membutuhkan anggaran sekitar 5,5 triliun. Rencana pinjaman Rp 2,2 triliun itu akan digunakan untuk pengerasan dan pelebaran JLS yang belum tersambung di wilayah Lumajang, Blitar dan beberapa daerah di lintas selatan.

"Ya kalau terealisasi (dana pinjaman lunak dari IDB), untuk pengerasan dan pelebaran jalan, supaya tersambung," ujarnya.

"Nantinya akan dibangun jalan dengan lebar antara 6-7 meter saja. Yang penting, bisa tersambung dulu," tandasnya. (roi/fat/rwp001)

[Baca Juga : Bupati Emil Segera Bangun Bandara]

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar