Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Senin, 16 Mei 2016

Masih Milik Pusat, Etalase Geopark Susah Berkembang

| Senin, 16 Mei 2016
warta_pacitan
Koleksi Etalase Geopark Gunung Sewu Pacitan/Foto : RWP
Wartapacitan.com | PACITAN - Satu lagi bangunan milik pemerintah pusat yang masih pinjam pakai. Selain Wisma Atlet, Etalase Geopark Gunung Sewu di kawasan Pantai Pancer Door ternyata juga memiliki kendala yang sama. Pasalnya, bangunan tersebut hingga saat ini statusnya masih milik Kementerian ESDM. Akibatnya, pemkab tidak bisa menarik PAD dari retribusi keberadaan Etalase Geopark itu.

"Karena masih pinjam pakai, Kami bisa menarik retribusi untuk pendapatan daerah," kata Efi Iftitah, Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan. 


Menurut Efi, apapun bentuk pengelolaan Etalase Geopark nantinya memiliki tujuan penting bagi pengembangan pariwisata daerah. Jika sudah jelas pengelolaannya, gedung yang pembangunannya menghabiskan Rp 6 miliar tersebut diharapkan menjadi tempat pembelajaran prasejarah. 

"Pacitan akan mempunyai tujuan wisata bertema geologi, jika sudah ada kejelasan bentuk pengelolaannya," ujarnya.

Meski belum tahu kapan menjadi milik Pemkab Pacitan, namun pihaknya sudah mendapat jawaban dari kementrian ESDM surat percepatan pemanfaatan bangunan Etalase Geopark. 

"Intinya, pemerintah pusat tidak keberatan bila Etalase Geopark segera dimanfaatkan sebagai obyek wisata pembelajaran masyarakat tentang geologi," pungkasnya. (RWP001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar