Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Kamis, 28 April 2016

DPRD Sukoharjo Kunjungi Pacitan Bahas Pemerintahan Dan Kesejahteraan

| Kamis, 28 April 2016
Wartapacitan.com | PACITAN - DPRD Kabupaten Sukoharjo dari Komisi 1 dan 4 mengunjungi DPRD Pacitan untuk mengetahui tata kelola pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat, Kamis (28/4/2016). Rombongan diterima oleh Sri Widowati selaku unsur pimpinan Komisi 1 DPRD Pacitan.

Beberapa hal menarik yang menjadi pembahasan dari kunjungan kerja ini adalah terkait pemebentukan BUMDESA. Diketahui, di Pacitan, dari 166 desa, yang sudah memiliki BUM Desa sebanyak 146 Desa. Hal itu merupakan sebuah pencapaian yang bagus. Yang perlu dibahas adalah bagaimana proses penyusunan Peraturan Daerah terkait BUM Desa ini. Kedua, bagaiman proses Budgeting terkait BUM Desa ini apakah sudah ada penambahan modal dari APBD kabupaten atau tidak.

Selanjutnya, yang menjadi pembahasan adalah terkait implementasi UU 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Pembahasan dalam kunjungan kerja ini adalah bagaimana ekses dari pelimpahan kewenangan pemerintah kabupaten terkait keberadaan Guru SMA/SMK. Pembahasan ini sangat penting karena sesuai amanat UU No 23 Tahun 2014 Pemerintah Provinsi mengambil alih pengelolaan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) dari Pemerintah Kabupaten/kota.

Lebih lanjut Sri Widowati memaparkan bahwa dengan adanya ketentuan UU No 23 Tahun 2014 ini ada untung dan ruginya. Pacitan diuntungkan dengan berkurangnya beban APBD untuk belanja pegawai yang mencapai 63 % dan bisa saja dirugikan dengan keberadaan guru berprestasi yang ada di Pacitan yang memungkinkan dimutasi keluar daerah.

Dari hasil kunjungan tersebut diharapkan adanya proses asimilisasi dalam pengambilan kebijakan dan langkah strategis pemerintah kabupaten masing – masing. (RWP001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar