Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Kamis, 07 April 2016

Bupati Dan Wakil Bupati Pacitan Resmi Dilantik

| Kamis, 07 April 2016
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan
Wartapacitan.com | SURABAYA - Pasangan Indartato-Yudi Sumbogo, resmi dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pacitan periode 2016-2021. Pelantikan pasangan yang memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2015 itu digelar di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo atas nama Menteri Dalam Negeri.

“Kami berharap agar bupati dan wakil bupati terpilih tetap merakyat, kemudian suasana guyub rukun ditingkatkan dan terus menjalin komunikasi yang intens dalam menjalankan roda pemerintahan, baik bersama forum pimpinan daerah maupun legislatif,” ujar pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Pakde Karwo mengungkapkan bahwa salah satu kunci sukses pemerintahan lima tahun kedepan adalah menciptakan suasana kondusif dalam pemerintahan. Meski diakui Indartato sudah berpengalaman dalam memimpin Pacitan, Pakde Karwo tetap berpesan agar terus menciptakan suasana guyub rukun dan terus memperhatikan kebutuhan rakyat kecil.

“APBD harus benar-benar untuk kepentingan rakyat, selain itu saya berharap agar penggunaan anggaran tersebut harus selektif,” jelasnya.

Khusus kepada Priyo Dharmawan yang sebelumnya menjalankan tugas sebagai PJ Bupati di Pacitan , Gubernur menyampaikan rasa terima kasih. Meski singkat namun Kepala Balitbang Provinsi Jawa Timur itu sudah membantu pemerintahan di Pacitan. 

Usai dilantik, pasangan yang diusung Partai Demokrat dan didukung oleh Partai Nasdem, PPP dan PKS itu memiliki sejumlah pekerjaan rumah menanti, salah satunya angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Pacitan. Data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pacitan angka kemiskinan di Pacitan masih berada di angka 17 persen alias masih sangat tinggi.

Selain itu, bahwa prioritas utama bupati terpilih Pacitan pasca pelantikan adalah penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Produk hukum yang merupakan pengejawantahan misi misi bupati dan wakil bupati akan menjadi panduan roda pemerintahan hingga akhir masa bhakti keduanya.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indartarto usai dilantik mengatakan, ke depan akan berusaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pacitan. Selain itu, juga akan membenahi infrastruktur jalan menuju ke Kabupaten Pacitan, akses jalan yang dari arah Solo, Yogyakarta maupun dari daerah Trenggalek, Ponorogo.

"Yang menjadi prioritas bagaimana bisa masuk ke Pacitan dulu. Artinya akses dari Ponorogo, Trenggalek lancar. Dari Solo dan Yogyakarta juga lancar. Ini prioritas kita," kata Indartato usai dilantik sebagai Bupati Pacitan di Grahadi.

Bupati mengakui, selama ini orientasi masyarakat Pacitan ke sebalah barat yakni ke Solo dan Yogyakarta, baik secara ekonomi maupun budaya.
Harapannya, akses yang dari arah Surabaya juga terus ditingkatkan, sehingga masyarakat Pacitan merasakan dari maupun ke Surabaya lebih dekat dibandingkan dengan kondisi infrastruktur 10 tahun lalu.

"Jalan (akses dari Ponorogo dan Trenggalek) sudah bagus, namun harapan kita ditingkatkan lagi. Sama-sama kita tingkatkan (dari arah timur maupun barat), karena ibu kota daerah kita ada di Jawa Timur," tandasnya.

Dalam pelantikan tersebut selain pimpinan dan anggota DPRD, hadir pula Forkompimda, Kepala SKPD, para pimpinan partai politik dan para mantan bupati yang pernah menjabat di Pacitan. (RWP001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar