Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Senin, 15 Agustus 2016

Data Sementara BPBD Pacitan, 59 Rumah Terkena Dampak Longsor

| Senin, 15 Agustus 2016
Wartapacitan.com | PACITAN - Sedikitnya ada 59 rumah yang terkena dampak longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Pacitan sejak Sabtu (13/8/2016). Ke 59 rumah tersebut tersebar di Kecamatan Pacitan, Tulakan, Arjosari, Pringkuku dan Kebonagung. 

"Kami belum mendata semuanya, baru pagi ini nanti kami data," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Pujono, Senin (15/8/2016).

Pujono mengatakan saat ini petugas masih melakukan pendataan pastinya. Berapa yang terkena dampak dan berapa kerugiannya belum masuk kepadanya. Data rumah rusak akibat bencana tanah longsor tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah seiring masih terjadinya gerakan tanah di lokasi itu. Selain di Kecamatan Tulakan, beberapa kecamatan lain juga terjadi longsor yang mengakibatkan rumah warga rusak.

Baca Juga :

"Bencana tanah longsor kali ini terjadi hampir merata di sejumlah kecamatan di Pacitan, saat ini yang kami data baru 59 rumah. Itu ada yang mengalami rusak parah dan hanya kemasukan longsoran tanah," jelasnya.

Pujono menjelaskan tanah longsor yang terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi itu terjadi pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari.  Sebagian rumah ada yang terkena longsoran hingga rusak dan membuat tembok rumah jebol. Selain merusak rumah, longsoran tanah juga merusak kandang ternak dan membuat sejumlah ternak hanyut terbawa arus air dan mati tertimpa longsoran tanah.

Untuk warga yang rumahnya terdampak, kata dia, saat ini tidak mengungsi ke tempat yang dianggap lebih aman. Mereka masih tinggal di rumah mereka masing-masing sambil membersihkan longsoran tanah. Dia mengimbau kepada warga yang rumahnya di dekat perbukitan untuk lebih waspada, karena diprediksi hujan akan mengguyur Pacitan untuk beberapa waktu mendatang. (rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar