Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Sabtu, 25 Juni 2016

Syeh Maulana Ibrahim Cikal Bakal Wali Songo

| Sabtu, 25 Juni 2016
Wartapacitan.com | TUBAN - Terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, masjid dan makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi hingga kini masih berdiri tegak dengan relief dan hiasan kaligrafi berusia ratusan tahun. Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan, gapura, dan cungkup makam masih kokoh berdiri sebagaimana aslinya.

Makam Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi sendiri terletak di sebelah Barat masjid. Dari sekian banyak peninggalan, hanya bangunan Masjid Asmoro Qondi yang sudah mengalami renovasi, namun tidak mengubah bentuk aslinya. Salah satunya adalah mimbar masjid yang yang masih utuh, bahkan wujud dan bentuknya masih asli seperti sedia kala.

Masjid ini dipercaya para peziarah sebagai tempat yang mustajabah. Di samping kiri masjid, terdapat sebuah sumur yang airnya diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain sumur, juga terdapat benda bersejarah seperti bedug, mimbar dan umpak.


Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi merupakan ayah Sunan Ampel (Raden Rahmad) Surabaya, yang merupakan salah satu anggota Wali Songo.

Konsep ajaran Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi dapat ditelisik di pintu gerbang masjid, yang terpampang tulisan sabar, nerima, ngalah, loman, akas dan temen, yang memiliki makna mendalam bagi kehidupan umat manusia di muka bumi.

Mahfudz, juru kunci Masjid Asmoro Qondi menuturkan, menurut catatan sejarah para ulama, Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi merupakan wali tertua (punjer) para wali di tanah Jawa. Beliau dikenal sebagai pelopor para wali yang ada di tanah Jawa. Dilihat dari silsilahnya, Syeh Maulana Ibrahim Asmoro Qondi masih merupakan keturunan ke9 Nabi Muhammad SAW, dan dari garis keturunan Sayyidah Fatimah dengan Sayidina Ali R.A.

  
Terkait silsilahnya ini, terdapat silang pendapat antar ulama. Sebagian ulama ada yang mengatakan Asmoro Qondi berasal dari Samarkand, yakni negara perbatasan India dan Rusia. Sedangkan ulama lainnya mengatakan Asmoro Qondi berasal dari negeri Arab yang beristri Dewi Condro Wulan, putri Raja Champa. Dari keduanya maka lahirlah Raden Rahmad (Sunan Ampel) yang juga ayah dari Sunan Bonang di Tuban dan Sunan Drajad di Lamongan. (end/rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar