Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Senin, 20 Juni 2016

Panduan Singkat Buka Puasa Bagi Pasien Penyakit Kronis

| Senin, 20 Juni 2016
Wartapacitan.com | KESEHATAN - Memiliki penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes atau hipertensi bukan halangan untuk menjalankan ibadah puasa. Kuncinya ada di menu makanan saat sahur dan berbuka.

dr Maulana Suryamin, SpPD-KGH dari RS Persahabatan Rawamangun mengatakan pasien penyakit kronis masih boleh berpuasa. Syarat utamanya adalah pergi ke dokter masing-masing untuk mengetahui kondisi kesehatan serta mengatur jadwal minum obat.

"Masih boleh puasa, tergantung penyakitnya sendiri. Nah itu yang menentukan dokter mereka masing-masing. Jadi prinsipnya boleh berpuasa dengan prinsip tuntunan ahli medis yang kompeten. Jika dokter bilang tidak boleh kita harus ikutin jangan maksain," tutur dr Maulana kepada detikHealth baru-baru ini.

Lalu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan? Dirangkum detikHealth, berikut panduan singkat buka puasa sehat bagi pasien penyakit kronis berdasarkan jenis penyakitnya.

1. Diabetes melitus

Syarat puasa: Kondisi gula darah dalam keadaan stabil dan terkontrol. Tidak mengalami hipoglikemia ataupun hiperglikemia dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Kontrol ke dokter terkait dosis obat yang dianjurkan.

Menu yang dianjurkan: Teh manis dengan gula khusus, beras merah, havermut, kentang rebus. Jika ingin minum es usahakan yang berbahan dasar sirup atau gula merah khusus untuk diet.

Menu yang tidak dianjurkan: Makanan bersantan seperti opor ayam dan rendang, es buah dengan kadar gula tinggi, teh tawar tanpa gula.

2. Hipertensi

Syarat puasa: Kondisi penyakit dalam stadium ringan (stadium 1-3), tidak dalam keadaan kritis, tekanan darah terkontrol dan mendapat persetujuan dokter untuk puasa.

Menu yang dianjurkan: Makanan tinggi kalium seperti belimbing, seledri, wortel, melon dan pisang. Makanan yang mengandung saponin seperti tempe dan kacang-kacangan.

Menu yang tidak dianjurkan: Makanan olahan, junk food, makanan siap saji, karena mengandung banyak garam dan natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah.

3. Penyakit Jantung

Syarat puasa: Tidak sedang dalam pengobatan rawat jalan, bukan merupakan pasien serangan jantung mendadak ataupun gagal jantung akut.

Menu yang dianjurkan: Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah dan havermut serta buah-buahan dan sayur yang mengandung banyak serat.

Menu yang tidak dianjurkan: Makanan dengan karbohidrat simpel seperti mi instan, daging merah dan makanan cepat saji.

4. Penyakit ginjal kronik

Syarat puasa: Mendapat izin dari dokter dan tidak dalam stadium berat.

Menu yang dianjurkan: Makanan rendah kalori seperti beras merah, makanan rendah kalium dan fosfat, konsumsi air tidak lebih dari 300 cc.

Menu yang tidak dianjurkan: Makanan tinggi kalium seperti produk susu, buah dan sayur. Makanan tinggi fosfat seperti daging merah, kacang-kacangan, cokelat dan gandum.

5. Mag

Syarat puasa: Tidak dalam keadaan kritis atau pengobatan rawat jalan, konsultasi menu makanan dengan dokter.

Menu yang dianjurkan: makanan dengan kalori rendah dan tidak merangsang asam lambung.

Menu yang tidak dianjurkan: makanan bergas seperti kol, durian, sawi, minuman bersoda, susu full cream dan kopi.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar