Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Rabu, 25 Mei 2016

PLTU Sudimoro Gelar Simulasi Gempa dan Tsunami

| Rabu, 25 Mei 2016
warta_pacitan
PLTU Sudimoro Pacitan/ Foto : net
Wartapacitan.com | SUDIMORO - PLTU Sudimoro menggelar simulasi kebencanaan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap potensi bencana. Simulasi difokuskan pada penanganan dan penyelamatan saat terjadi bencana alam gempa dan tsunami.

"Harapan kami dengan adanya simulasi ini lebih memantapkan lagi kesiapsiagaan, kewaspadaan teman-teman untuk penyelamatan aset baik itu aset nyawa, aset personal, maupun aset perusahaan yang lain,"kata Ardi Nugroho, General Manager PT Pembangkitan Jawa Bali Pacitan usai simulasi.

Kegiatan geladi, lanjut Ardi, merupakan bagian dari Business Contigency Planning perusahaan penghasil listrik berkapasitas 2 kali 315 megawatt tersebut. Dirinya optimis sarana prasarana yang ada di kompleks PLTU dalam kondisi siaga. Demikian pula dengan personelnya.

Diakui, pelaksanaan simulasi masih menyisakan beberapa catatan. Diantaranya perlunya penyertaan estimasi waktu tiap adegan serta kurangnya penghayatan karyawan saat menuju tempat evakuasi. Hal tersebut akan dimasukkan dalam perencanaan guna menyempurnakan prosedur operasional yang akan disusun.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Ratna Budiono menyambut baik geladi lapang di perusahaan negara tersebut. Inisiatif perusahaan melakukan upaya peningkatan kapasitas karyawan dengan sendirinya membantu tugas pemerintah dalam bidang kebencanaan.

Dengan potensi yang ada, kata Ratna, saat terjadi bencana pihak perusahaan diharapkan dapat melakukan upaya penyelamatan sebelum tim dari pemangku kepentingan diterjunkan. Sedangkan dalam kondisi aman, kemampuan yang ada dapat dialihkan untuk membantu penguatan masyarakat sekitar.

"Kalau obyek vital sementara baru PLTU (yang melaksanakan simulasi). Kalau perusahaan swasta memang ada beberapa. Paling tidak dari rencana kontijensi sudah berjalan," terangnya seperti dikutip dari laman situs pacitankab. (Pur/Riz/RWP001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar