Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Selasa, 24 Mei 2016

Desa Gemaharjo Masuk 4 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi

| Selasa, 24 Mei 2016
warta_pacitan
Suriaman Ketua Tim Penilai Lomba Desa tingkat Propins/ Foto : Humas
Wartapacitan.com | PACITAN - Kendati jauh diujung Jawa Timur, kabupaten Pacitan memiliki prestasi yang membanggakan. Berbagai penghargaan diraih kota berjuluk 1001 Goa ini baik ditingkat provinsi maupun nasional.

Pengakuan tersebut bukan hanya isapan jempol. Seperti disampaikan Suriaman SH, M.si ketua tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur, hampir setiap tahun kabupaten Pacitan selalu aktif dan masuk nominasi. Hal itu disampaikanya saat mengunjungi Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo. 

Desa Gemaharjo sendiri memawakili kabupaten Pacitan dalam lomba desa dan masuk nominasi penilaian tingkat provinsi. Bahkan dalam penilaian administrasi tahap pertama Desa yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Ponorogo iti sudah lolos 4 besar. Bersama Pacitan tiga kabupaten lain yang juga masuk nominasi adalah Kabupaten Bondowoso, Gresik dan Ponorogo.

"Kami selalu pamer prestasi Pacitan di Kabupaten lain karena memang Pacitan luar biasa," katanya seperti dikutip dari laman resmi website Pemkab Pacitan. 

Datangnya prestasi seperti ini menurut Suriaman, tentu tidak tiba-tiba. Kabupaten Pacitan memiliki pola pembinaan yang berbeda dari daerah lain. Yakni, pola pembinaan yang terpadu dengan melibatkan semua pihak. Baik pemerintah daerah, SKPD terkait, Pemerintah desa dan masyarakat.

"Seperti instruksi bapak Gubernur, kita akan cari yang terbaik dan terhebat. Sesuai jargonnya Jatim, Jaya Luar Biasa," imbuhnya. 

Dilain pihak, Bupati Pacitan Indartato saat mendampingi tim penilai mengaku terharu dengan capaian Desa Gemaharjo. Dengan potensi yang ada serta peran serta masyarakat yang besar Bupati berharap wakil Pacitan ini mampu menjadi yang terbaik. Bahkan, ke tingkat nasional.

"Desa Gemaharjo ini sangat luar biasa. Semoga dapat ditiru oleh desa desa yang lian," ungkap Bupati.

Selain sumber daya lokal yang luar biasa, Desa Gemaharjo juga memiliki inovasi yang maju. Salah satunya menyediakan layanan serta ruang informasi melalui internet desa. Melalui terobosan tersebut segala potensi dan informasi desa dapat diakses melalui website resmi milik pemerintah desa. Prestasi Desa Gemaharjo lainya adalah menjadi yang terbaik lomba Posyandu tingkat Provinsi serta masuk nominasi penilaian tingkat nasional lomba perpustakaan desa. (Riz/RWP001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar