Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Selasa, 12 April 2016

WOW...Kawasan TPA Disulap Untuk Agrowisata

| Selasa, 12 April 2016
Wartapacitan.com | PRINGKUKU - Pemerintah Kabupaten Pacitan berencana mengubah Tempat Pembuangan Akhir sampah Dadapan menjadi kawasan taman buah. Bupati Pacitan Indartato, mengatakan selama ini tempat pembuangan akhir (TPA) sampah terkesan kumuh, bau, kotor serta segala bentuk ketidaknyamanan lainnya. 

"Lahan sarat tumpukan humus itu sangat cocok untuk aneka tanaman buah. Seperti pepaya, buah naga, dan beberapa jenis tanaman buah cepat panen lainnya," kata Indartato. 

Bupati Indartato usai meninjau kawasan tersebut Senin siang menargetkan program tersebut selesai akhir tahun ini. Nantinya, lokasi itu diharapkan juga menjadi habitat burung pemakan buah.

Wacana pemanfaatan lahan bekas TPA untuk ruang terbuka hijau bukan tanpa alasan. Selain berfungsi konservasi, tanaman buah yang ada diharapkan menepis kesan kumuh di lokasi yang berada di tepi jalur utama Pacitan-Solo. Tentu saja persiapan harus dilakukan matang. Termasuk menata bangunan tempat bekerja pemulung.

Sejak beberapa tahun terakhir TPA Dadapan, Kecamatan Pringkuku mengalami perluasan dengan menjorok ke arah selatan. Ini karena kapasitas lahan lama mengalami kejenuhan dan tidak mampu lagi menampung debit sampah.

"Nantinya bangunan di depan itu juga akan dipindahkan sehingga tidak tampak dari jalan raya,"pungkasnya. (RWP001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar