Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Senin, 25 April 2016

Potensi Laut Pacitan Berkembang Pesat

| Senin, 25 April 2016
Wartapacitan.com | NGADIROJO - Program pembangunan sektor kelautan dalam bebarap tahun terakhir di Kabupaten Pacitan menunjukkan perkembangan yang membanggakan. Saat ini jumlah perahu nelayan yang terdata mencapai 1500 unit. Ini belum termasuk perahu nelayan luar yang lepas jangkar di Pelabuhan Pacitan.

Bupati Pacitan Indartato minta kepada masyarakat nelayan untuk memanfaatkan potensi laut dengan baik. Bukan hanya sekedar mengambil hasilnya namun juga menjaga kelestariannya.

"Kekayaan laut Pacitan yang melimpah akan membawa dampak ekonomi yang besar bagi masyarakat,"tegas Bupati Indartato saat meresmikan Stasiun Pengisian Bahan bakar nelayan (SPBN) di Dusun Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. 

Bahkan, Indartato melihat, kekayaan laut pacitan mampu menyedot perhatian nelayan luar. Ini terbukti dengan hadirnya para nelayan Andon (luar daerah) yang mencari ikan di Pacitan. Akibatnya, Pelabuhan Penangkap ikan (PPI) Tamperan penuh sesak perahu labuh.

"Kemarin kita kedatangan kurang lebih 400 perahu nelayan dari luar dan ini harus kita sikap,"katanya. 

Hadirnya nelayan luar ini tentu akan semakin membuat perairan Pacitan ramai. Namun demikian, Bupati berharap nelayan Pacitan mampu bersaing. Bagaimanapun, keberadaan nelayan lokal harus lebih diutamakan. Bupati pun berharap agar dalam mencari ikan nelayan tidak menggunakan cara-cara ilegal dan merusak. Sehingga, kelestarian kekayaan laut Pacitan dapat terjaga.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar