Tentang Pacitan, Kota Paling Selatan Di Jawa Timur


Kamis, 11 Agustus 2016

Tentang Landmark Kota Pacitan Yang Tak Kunjung Realisasi

| Kamis, 11 Agustus 2016
Wartapacitan.com | PACITAN  – Pemkab dan DPRD belum kompak soal rencana soal rencana pembangunan landmark di perempatan Penceng. Pihak legislatif sudah mendesak agar identitas daerah tersebut segera direalisasi. Sementara pemkab masih menanggapi dingin dengan alasan masih belum menemukan desain yang cocok. 

"Sempat pernah dilombakan (pembuatan desain landmark). Tapi menurut beberapa tim perlu disempurnakan lagi," kata Bupati Pacitan Indartato.

Dia mengungkapkan, pemkab sempat menganggarkan Rp 90 juta untuk merealisasikan pembangunan landmark tahun 2014 lalu. Tapi rencananya tersebut dibatalkan karena anggaran tersebut dinilai tidak mencukupi dan akhirnya dikembalikan ke kas daerah. 

"Berdasarkan kesepakatan tim teknis perlu dibangun tugu yang megah, fenomenal dan berciri khas Pacitan serta sesuai dengan rancangan rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) kawasan kota Pacitan," jelasnya seperti dikutip dari radarmadiun.co.id.

Baca Juga :

Pemkab kemudian menganggarkan lagi pada tahun 2015 sebesar Rp 500 juta untuk keperluan yang sama. Tetapi pembangunan landmark urung terealisasi lagi. Sebab, beberapa desain yang masuk melalui proses sayembara publik tidak memenuhi kriteria. 

"Setelah diadakan pembahasan antar pemangku kepentingan dilaksanakan beberapa kali rapat koordinasi (rakor) masih perlu dikaji lagi pelaksanaan pembangunan tugu ikon Kabupaten Pacitan," terang Indartato.

Menurut dia, mewujudkan sebuah landmark daerah tidak gampang. Selain harus bisa diterima oleh masyarakat, wujud landmark harus menggambarkan potensi daerah. 

"Sementara ini, rencana yang akan kami buat adalah batu akik yang sudah berhasil di Pacitan. Tapi, protes juga banyak. Sehingga, kami harus mewadahi semuanya," ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Tata Bangunan Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTRK) Pacitan, Tonny Setyo Nugroho menjelaskan, proyek pembangunan landmark daerah tersebut diperkirakan menyedot anggaran sekitar Rp 500 juta. Hanya saja, dalam perjalanannya perencanaan anggaran yang sudah dilakukan sejak awal tersebut meleset dari perkiraan. 

Meskipun proyek itu dinilainya bagus, Tonny tak bisa berbuat banyak lantaran anggaran yang dibutuhkan belum mencukupi. Menurut dia, pembangunan landmark daerah tersebut bisa menjadi identitas Pacitan. Sehingga memudahkan para pendatang atau pengunjung mengingat tempat kelahiran Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI ke enam seperti halnya Tugu Nol Kilometer di Jogjakarta. 

"Karena memang selama ini di Pacitan belum ada ikon seperti tugu yang melambangkan daerah ini. Lokasinya direncanakan di perempatan Penceng menggantikan papan reklame besar yang saat ini berdiri di tengah jalan," ungkapnya. (her/yup/rwp001)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar